Selasa, 04 Maret 2014

Bus Mania Indonesia

1. Putra Remaja.


Putra Remaja

Bis yang bermarkas di daerah Gamping, Sleman ini didirikan oleh Bapak Sutikno sejak tahun 1980, dan selama hampir 30 tahun terus berkembang hingga kini menjadi Perusahaan Otobis terbesar di Yogyakarta. Pada awal berdirinya, PO. Putra Remaja menawarkan layanan bus malam, menjalankan 4 unit bus dengan trayek pertama Jogja-Jakarta. Seiring dengan perkembangannya, saat ini PO. Putra Remaja juga memiliki layanan bus pariwisata dengan jumlah armada sekitar 150 unit dan melayani berbagai trayek di Pulau Jawa hingga Pulau Sumatra.

Bis ini juga melayani Bus Pariwisata, baik untuk rekreasi, study tour, ziarah, dan lain-lain.


2. Pahala Kencana

Pahala Kencana

PT Pahala Kencana didirikan di Kudus sebuah kota kecil di Jawa Tengah pada tahun 1976. Bergerak di bidang usaha Bus Antar Kota Antar Propinsi dengan melayani rute Kudus-Jakarta PP dan Solo-Jakarta PP. Situasi pergerakan bisnis yang dinamis memacu Pahala Kencana untuk terus mengembang wilayah operasi pemasarannya hingga menjangkau beberapa kota besar dan kecil di P. Sumatra, Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.

Pada tahun 2000 terbukanya kesempatan pengembangan bisnis di bidang usaha transportasi angkutan darat memaksa manajemen memindahkan kantor pusat PT Pahala Kencana yang pada saat itu berada di Kudus ke Jakarta. Saat ini, Pahala Kencana memiliki banyak trayek, antara lain:
Jakarta – (Singaraja) – Denpasar PP
Jakarta – Singaraja PP
Jakarta – Jember – Banyuwangi PP
Jakarta – Jember PP
Jakarta – Surabaya PP
Jakarta – Surabaya – Malang PP
Jakarta – Sumenep PP
Jakarta – Pamekasan PP
Jakarta – Sampang PP
Jakarta – Blega PP
Jakarta – Galis PP
Jakarta – Tanah Merah PP
Jakarta – Bangkalan PP
Jakarta – Bojonegoro PP
Jakarta – Cepu PP
Jakarta – Blora PP
Jakarta – Lasem PP
Jakarta – Bangilan – Snori PP*IK
Jakarta – Rembang PP
Jakarta – Pati PP
Jakarta – Wonogiri PP*IK
Jakarta – Tulungagung – Blitar PP
Jakarta – Yogyakarta PP
Jakarta – Palembang PP
Jakarta – Prabumulih PP*IK
Jakarta – Palembang – Prabumulih PP
Jakarta – Baturaja – Prabumulih PP
Bekasi Timur – Bojonegoro PP*IK
Tangerang – Wonogiri PP
Tangerang – Yogyakarta – Klaten PP
Tangerang – Purwodadi – Blora PP
Tangerang – Surabaya – Malang PP
Tangerang – Pamekasan PP
Cileungsi – Sampang PP*IK
Bogor – Surabaya PP
Bogor – Surabaya – Malang PP
Bogor – Bojonegoro PP
Bogor – Lasem PP
Bogor – Yogyakarta – Klaten PP
Bogor – Ponorogo PP
Merak – Yogyakarta PP*IK
Merak – Surabaya – Malang PP
Bandung – (Singaraja) – Semarang – Denpasar PP via Pantura
Bandung – (Singaraja) – Yogyakarta – Denpasar PP (via Selatan)
Bandung – Tulungagung – Blitar PP
Bandung – Surabaya PP
Bandung – Surabaya – Malang PP
Bandung – Kudus – Bojonegoro PP
Bandung – Purwodadi – Bojonegoro PP
Bandung – Lasem PP
Bandung – Palembang PP
Bandung – Prabumulih PP
Bandung – Bandar Lampung PP
Bandung – Bandar Lampung – Metro PP
Yogyakarta – Denpasar PP*IK


Pahala Kencana akhirnya memiliki banyak divisi, yaitu di Kudus, Malang, dan Denpasar. Pahala Kencana juga melayani penyewaan bus pariwisata, seperti Nirwana, yang masih satu grup dengan Pahala Kencana.


3. Kramat djati

Kramat Djati

Kramat Djati Sebelumnya dikenal sebagai sumber Djaja, perusahaan transportasi yang bergerak dalam bidang ternak dan angkutan, telah berkembang menjadi perusahaan transportasi yang paling maju yang telah mencapai 45 % pasar nasional.

Kramat Djati berdri pada tahun 1968 oleh arief budiman dengan membuka satu jurusan yaitu Bandung-Jakarta. Kemudian pada tahun 1970 menambah lagi jurusan baru yaitu jurusan Jakarta. Pada tahun 1975 membuka jurusan lagi yaitu jurusan Bandung – Merak. Tahun demi tahun perusahaan Kramat Djati semakin maju dan berkembang.

Pada tahun 1986 Kramat Djati membuka layanan baru yaitu dengan adanya bus malam cepat yang menjangkau 3 propinsi jawa tengah, jawa timur dan yogyakarta. Jurusan Bandung - Bali dibuka pada tahun 1990.

Akhirnya pada tahun 1995 Kramat Djati melakukan perubahan bentuk perusahaan menjadi perseroan terbatas dan menambah nama yaitu menjadi Kramat Djati Asri Sejati. Setelah itu Kramat Djati juga menembus pasar sumatra dengan tujuan lampung, palembang, pekanbaru dan bengkulu pada tahun 1996, kemudian pada tahun 2000 memperluas pasar kesebelah timur dengan membuka jurusan Bandung – Mataram.

Saat ini, Kramat djati memiliki trayek sebagai berikut:

  • Jakarta– Surabaya (Executive 32 seat) 

    • Lewat jalur pantura: Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya ( Terminal Bungur Asih ).

  • Jakarta– Malang (Executive 32 seat) 

    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya ( Bungur Asih ) – Gempol – Lawang – Purwodadi – Singosari – Malang (Terminal Arjosari). 

  • Jakarta– Madura (Executive 32 seat) 

    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Tanjung Perak – Kamal – Bangkalan – Blega – Sampang – Pamekasan – Sumenep. 

  • Jakarta– Jember (Non Aktif) 

    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya– Bangil – Pasuruan – Probolinggo – Jember. 

  • Jakarta– Denpasar (Executive 32 seat) 

    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya – Bangil – Pasuruan – Probolinggo – Besuki – Pasir Putih – Situbondo – Banyuwangi – Ketapang – Gilimanuk – Negara – Denpasar ( Terminal Ubung ) 

  • Jakarta– Palembang (Bisnis 40 seat) 

    • Lewat lintas timur : Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni – Branti – Raja Basah – Bandar Lampung – Menggala – Tulang Bawang – Mesuji – Kayu Agung – Palembang ( Demang Lebar Daun ) 

    • Lewat lintas Barat : Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni – Branti – Raja Basah – Bandar Lampung – Kota Bumi – Martapura – Batu Raja – Tanjung Enim – Muara Enim – Prabumulih – Palembang ( Terminal Karya Jaya ) 

  • Jakarta– Ponorogo (Bisnis 40 seat) 

    • Lewat jalur Pantura -Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Ungaran – Salatiga – Boyolali – Kartosuro – Solo – Sragen – Mantingan – Ngawi – Maospati – Madiun – Ponorogo. 

  • Jakarta– Yogyakarta (Bisnis 40 seat) 

    • Lewat jalur Pantura - Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Kendal – Semarang – Ungaran – Bawen - Ambarawa – Secang – Magelang – Muntilan – Yogyakarta. 

4. Rosalia Indah

Rosin

Bis yang bermarkas di daerah Palur, Karanganyar, Jawa Tengah ini didirikan oleh pasangan suami istri, Yustinus Soeroso dengan Yustina Rahyuni Soeroso merintis dari nol perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa transportasi darat dengan nama PO. ROSALIA INDAH.

Pada Mei 1987 BPU. ROSALIA INDAH mengembangkan sayap usahanya dengan menggunakan sarana angkutan bis dalam mengoperasionalkan unit usahanya. Jasa layanan angkutan darat bis AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) ini hanya beroperasi beberapa waktu saja karena iklim kompetisi usaha di bidang jasa angkutan di Jawa Tengah saat itu memang sedang sangat ketat.

Perusahaan yang baru didirikan ini mengalami akselerasi perkembangan yang dinamis sehingga pada tanggal 21 Maret 1991 Perusahaan Otobus ROSALIA INDAH mengantongi izin usaha BIRO PERJALANAN UMUM (BPU) ROSALIA INDAH No. 05/D.2/BPU/III/1991

BIRO PERJALANAN UMUM ROSALIA INDAH adalah sebuah perusahaan yang sedang berkembang pesat dan merupakan perusahaan pribumi yang diperhitungkan dalam percaturan bisnis jasa angkutan darat di Indonesia. Perusahaan yang selalu mengedepankan pelayanan, keamanan, kenyamanan serta kebersihan armadanya ini pada tahun 1983 mulai mengoperasionalkan 1 (satu) kendaraan bermesin Isuzu dengan jalur lintasan/trayek antar kota jurusan Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang. Perkembangan selanjutnya armada Rosalia Indah bermesin Colt Diesel.

Ketatnya kondisi persaingan bisnis transportasi darat di era 1990-an bukan menjadi kendala bagi BPU. ROSALIA INDAH bahkan pada masa itu dijadikan titik tolak dari yang semula berorientasi pada pelayanan transportasi AKDP menjadi AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) yang lebih memiliki daya jangkau luas, lebih handal dan lebih mantap hingga saat ini, dengan sumber daya manusia lebih dari 1000 personil dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar di Jawa - Sumatera. Bahkan BPU. ROSALIA INDAH juga telah siap melayani pangsa pasar pariwisata dengan armada travel L-300 ataupun carter bis pariwisata.


Bis ini memiliki trayek sebagai berikut:

  • Solo-Jogja-Lampung via Purwokerto 

  • Cilacap-Purwokerto-Jogja-Solo-Malang 

  • Pekalongan-Solo-Malang 

  • Jakarta-Solo-Surabaya 

  • Cilacap-Purwokerto-Jogja-Solo-Jember via Porong 

  • Solo-Jogja-Jakarta/Tangerang/Bekasi 

  • Solo-Semarang-Lampung 

  • Solo-Semarang-Jakarta/Tangerang/Bekasi 

  • Solo-Semarang-Bogor 

  • Ponorogo-Wonogiri-Lampung 

  • Solo-Jogja-Palembang 

  • Solo-Semarang-Palembang 


5. Lorena

Lorena

Perusahaan otobus ini didirikan pada tahun 1970, oleh Bpk. G.T. Soerbakti dan mulai menjalankan bisnis jasa transportasi jarak pendek dengan mengandalkan 2 unit bus Mercedes Benz yang melayani rute antar kota, yaitu Bogor – Jakarta PP. Kemudian pada tahun 1984, trayek jarak jauh mulai dibuka yaitu Jakarta – Surabaya PP, dilanjutkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa, Madura, Bali dan Sumatera. Saat ini LORENA-KARINA telah memiliki lebih dari 500 unit bus yang keseluruhannya menggunakan produk Mercedes Benz guna melayani lebih dari 60 Kota di Indonesia.

6.Symphonie


PO Nusantara didirikan oleh Bapak Yonatan Budianto di kudus pada tahun 1968, yang diawali dengan pengoperasian 2 bus merk GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965, yang merupakan bus ex TNI-AL.

Pada tahun 1969 ditambah 5 bus merk ZIEL buatan tahun 1962, yang merupakan bus ex TNI – AU, dan 1970 mulai dirakit bus dengan bodi dari kayu dengan basis rangka bermerk THAMES dari Inggris.

Tahun 1975 merupakan tahun diperkenalkannya besi baja untuk bodi bus di Indonesia, sehingga perusahaan mendatangkan bus dengan merk FORD dari Amerika, dengan karoseri bodi besi baja. Ketika perkembangan dunia otomotif mulai menunjukkan geliatnya di Indonesia, PO.NUSANTARA memperkenalkan kepada konsumennya bus Mercedes Benz dengan mesin depan pada Tahun 1977 (OF Series), dimana seri ini terus dipergunakan hingga tahun 1984, yang kemudian beralih menggunakan Mercedes Benz dengan mesin belakang (OH Series).

Selama kurun waktu tersebut, PO.NUSANTARA berkonsentrasi untuk menangani jalur pendek di Jawa Tengah, Semarang – Kudus – Lasem, hingga pada era tahun 1990 – an, perusahaan mulai mengembangkan operasinya untuk memulai melayani konsumen pada jalur jalur yang lebih jauh dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Seiring perkembangan mobilitas penduduk dan juga perkembangan perusahaan, PO.NUSANTARA kini melayani kota – kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Tegal, Cirebon, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan kota kota lainnya di Pulau Jawa. 

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, PO. NUSANTARA memperkuat jajaran armadanya dengan mendatangkan unit-unit chassis yang diimport langsung dari Eropa, seperti VOLVO dan SCANIA. Sedangkan sebagian besar karoserinya menggunakan karoseri AdiPutro yang sudah terkenal dalam kualitasnya.

PO.NUSANTARA adalah salah satu perusahaan transportasi di Indonesia yang sudah banyak mengoperasikan bus dengan merk SCANIA, sehingga mendapatkan pengakuan khusus dari perusahaan tersebut di Swedia.

Disamping SCANIA kami juga menggunakan merk Mercedes Benz, Hino, dan Volvo untuk melayani pelanggan kami. PO.NUSANTARA juga menerapkan tekhnologi yang canggih untuk menunjang kenyamanan dan keamanan para pelanggannya, seperti pemanfaatan tekhnologi Radio Komunikasi Dua Arah (Two Way Radio Transmission) dan Global Positioning System (GPS) untuk memberikan informasi yang akurat tentang posisi armada yang sedang beroperasi. Kami juga menggunakan ban tubless merk Bridgestone dan Michelin yang mana membuat rasa aman dan nyaman dalam perjalanan.

Sebagai kepedulian kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan rasa aman bagi para pelanggan kami, kami juga mengasuransikan para pelanggan yang menggunakan jasa kami dan juga armada–armada kami kepada perusahaan penyedia jasa layanan asuransi baik nasional maupun internasional.

Disamping terpercaya untuk pelayanan penumpang pada jalur reguler. PO.NUSANTARA juga dipercaya oleh masyarakat yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan untuk mengadakan perjalanan wisata.

Kini dengan armada - armada yang dimiliki dan didukung oleh sumber daya manusia yang berkompeten dan teknologi canggih yang dimiliki, PO.NUSANTARA terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pengguna transportasi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar